KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrohim
Dengan mengucapkan
Alhamdulillah, segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah
melimpahkan segala nikmat serta hidayah – NYA kepada penulis, sehingga penulis
dapat menyeleseikan tugas Akhir mata kuliah “ MPDP SKI“.
Penulis menyadari
bawasannya penulis tidak dapat menyelesaikan tugas akhir ini tanpa bantuan dari berbagai
pihak. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima
kasih kepada ;
- Umi Hanifah,M. Pd.I selaku dosen pembimbing kami, yang selalu memberi saran dan masukan kepada penulis.
- Teman – teman Fakultas Tarbiyah jurusan PAI S – 1 yang selalu memberikan masukan – masukan dan dorongan semangat kepada penulis.
Akhirnya penulis
menyadari bawasannya tugas ini sangat jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu
segala kritikan dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan sangat penulis
harapkan. Mudah – mudahan tugas akhir ini dapat memberikan manfaat kepada
pembaca umumnya, dan berguna bagi penulis.
Ponorogo, Januari 2011
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR ……………………………………………..……….i
DAFTAR ISI ...…………………………………………………….…….ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang …………………………………………iii
B.
Rumusan
Masalah …………………………….…...............iii
C.
Tujuan Penulisan ……………………………………….…iv
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian strategi
pembelajaran .........................................1
B. macam-macam strategi pembelajaran
SKI .......................................1
1.
Reading Guide(Panduan Membaca)....................................1
2.
Everyone
is a Teacher Here ................................... 1
3.
Group
Resume
...................................2
4.
Reading
Aloud
...................................2
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ..................................................................................4
B. Kritik dan Saran ..................................................................................4
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................5
BAB I
Pendahuluan
A. Latar Belakang
Dalam melaksanakan tugasnya secara
profesional,guru memerlukan wawasan yang mantap untuk kegiatan belajar
mengajar,seorang guru harus mengetahui dan memiliki gambaran yang menyeluruh
mengenai bagaimana proses belajar mengajar itu terjadi serta langkah-langkah
apa yang perlu sehingga tugas- tugas keguruannya bisa dilakukan dengan baik dan
memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Salah satu wawasan yang harus dimiliki
oleh guru adalah strategi belajar
mengajar yaitu garis besar haluan bertindak dalam rangka mencapai sasaran yag
telah digariskan.dengan kata lain guru bisa juga diartikan sebagai pola-pola
umumkegiatan guru-murid di dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Dalam mengetahui strategi
tersebut,diharapkan sedikit banyaknya
akan membantu pemahaman guru dalam melaksanaka tugasnya.dan suatu
kegiatan belajar mengajar tanpa ada strategi pembelajaran,berarti kegiatan
tersebut tanpa pedoman dan arah yang jelas.yan pada gilirannya bisa
mengakibatkan tidak tercapainya tujuan yang hendak diperoleh.
B.
Rumusan Masalah
Dari
uraian latar belakang di atas maka penulis dapat merumuskan masalah yang akan
dibahas dalam makalah ini ;
1. Apakah yang dimaksud dengan strategi pendidikan
?
2. Apa saja macam dari setrategi pendidikan dalam
pendidikan SKI?
E. Tujuan
Penulis menulis makalah ini tentu mempunyai tujuan yang
mendasar, dan tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut ;
1. Untuk mengetahui maksud dari
strategi pembeljaran
2. metode pembeljaran dalam pelajaran
SKI
Bab II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Strategi
Pembelajaran
Dalam dunia pendidikan strategi diartikan plan,method or series of
activities designedto achives a particuler educational goal ( J.R David, 1976)
jadi dengan demikian strategi pembelajaran
adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Ada 2 hal yang perlu kita cermati dari pengertian diatas
yaitu:
- Strategi pembelajaran merupakan recana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya /kekuatan dalam pengajaran.
- Strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu.
Kemp (1995) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu pengajaran
yang harus dikerjakan agar tujuan pengajaran
dapat dicapai secara efektif dan efisien.[1]
Dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam juga perlu sekali mengunakan strategi pembelajaran supaya memudahkan
proses belajar mengajar di dalam sekolah
1.
Reading Guide(Panduan Membaca)
Langkah-langkah dari strategi ini sebagai berikut:
·
Siswa Membaca teks bacaan dengan panduan kisi-kisi
pertanyaan dari Guru
·
Secara
bergiliran siswa menjawab poin/kisi pertanyaan
·
Siswa
mendengarkan klarfikasi dari guru
Contoh Penerapan:
Kompetensi Dasar: Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah.
Maka langkah-langkahnya sebagai berikut:
- Langkah awal siswa di suruh membaca materi yang ada.
- Kemudian guru membagikan kisi-kisi yang telah di siapkan sebelumnya pada masing individu untuk di jawab sesuai dengan isi bacaan dengan batas waktu tertentu.
- Langkah selanjutnya guru membahas masing-nasing pertanyaan.dengan menanyai ssetiap siswa yang di lakukan dengan keliling kelas.
- Di akhir season pelajaran guru memberikan ulasan secukupnya terkait dengan mareri yang telah di bahas.
2.
Everyone
is a Teacher Here
Langkah-langkah
dari strategi ini adalah sebagai berikut:
- Masing-masing siswa menulis pertanyaan tentang materi…..
- Pertanyaa2 tersebut kemudian ditukar dengan yang lain secara acak
- Masing-masing siswa mencoba menjawab pertanyaan yang dipegang,
- Siswa mendengarkan klarifikasi dari guru
Contoh
Penerapan:
Kompetensi Dasar:
Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah. Maka langkah langkahnya
sebagai berikut:
- Langkah pertama.guru menyuruh siswa u ntuk mempelajari materi yang telah di tentukan.Setelah itu guru membagikan potongan kertas pada tiap siswa.
- Setiap siswa di himbau untuk menuliskan perntnyaan yang di anggap sulit di kertas tersebut.
- Langkah berikutnya pertanyaan di acak dengan kunci setap setiap siwa tidak membawa kertyasnya sendiri.Selanjutnya setiap siswa di minta untuk menjawab pertanyaan yang sudah di pegang dengan durasi waktu yang di tentukan.
- Langkah terakhir guru mengklarifikasi dari jawaban yang ada.kemuudian guru memberikan penjelasan inti dari pada sejarah berdiriya Daulah Abbasiyah.
3.
Group
Resume
Langkah-langkah
dari strategi ini adalah sebagai berikut:
- Siswa secara berkelompok untuk meresume materi yang diberikan guru
- Kemudian masing-masing kelompok menunjuk wakil untuk mempresentasikan hasil resume
- Siswa mendengarkan klarifikasi dari guru
Contoh
Penerapan:
Kompetensi Dasar:
Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
- Langkah awal,pada pertemuan pertama guru menentukan materi pelajaran yang akan di tempuh.Kemudian guru membagi dalam bbeberapa kelompok kecil yang terdiri atas 3-6 anak.Misalnya dalam dalan satu KD ada 5 subab.Maka akan ada 5kelompok bila ada 30 siswa.Setiap individu di minta untuk meresum sesuai dengan su masing-masing.Kemudian tiap kelompok menarik kesimpulan dari resume anggotanya.
- Langkah kedua tiap kelompok menyiapkan wakil untuk mempresentasikan hasil resume.Misalnya kelompok pertama medpat sub tentang Sebab-sebab Runtuhnya Dinasti Abbasiyah.Hasil resume dari tiap anggota di padukan dengan tujuan mendapat hasil kesimpulan yang lebih tepat.
- Langkah ketiga,guru meminta setiap kelompok dengan perwakilannya untuk mempresentasikan hasil resume nya.Sedang kelompok lain beserta angggotanya memberikan tamnggapan ataupun sanggahan terhadap resume tersebut.Begitu sampai pada kelompok terakhir.
- Guru meminta setiap individu untuk menuliskan hasil kesimpulan dari tiap sub dalam buku catatan.
- Langkah terakhir guru memberikan penguatan terhadap materi yang telah di bahas.
4.
Reading
Aloud
Stategi ini
dapat membantu siswa dalam berkonsentrasi mengajukan pertanyaan dan menggugah
diskusi.
Langkah-langkah
strategi ini adalah:
- Secara bergiliran, siswa membaca teks materi secara keras
- Setiap membaca teks yang mengandung poin penting (mind of idea), bacaan dihentikan didiskusikan
- Siswa mendengarkan klarifikasi dari guru
Contoh
penerapan:
Kompetensi dasar: Menceritakan sejarah berdirinya Daulah ABBASIYAH
- Pertama,bila materi sudah ada dalam buku maka guru menentukan materi pada halaman tertentu.Berikan kopian teks bila point tidak ada dalam buku.dan usahakan materi tidak terlalu panjang.
- Meminta pada beberapa siswa untuk membaca teks yang berbeda beda.Ketika bacaan sedangberlangsung,berhentilah opada beberapa tempat untuk menekankan arti poin-ppoin tertenu,untuk bertanya atau memberi contoh.Misa lnya dalam sub sebab-sebab Berdirinya runtuhnya bAbbasiyah terdapat kata-kata yang masih asing atau istilah bahasa yang kurang di mengrti trekait dengan sebab runtuhnya DAULAH ABBASIYAH.Dari ini maka ada hal yang menarik untuk di diskusikan dalam waktu tertentu.
- Akhiri proses dengan proses pertanyaan kepada siswa apa yang ada dalam teks.Guru bisa menunjuk murid langsung atau dengan alternatif lain.
Bab III
PENUTUP
A.Kesimpulan
1.Stegi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian
kegiatan) termasuk
metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/ kekuatan dalam pengajaran.
2.strategi disusun untuk
mencapai tujuan pendidikan.
B. Kritik Dan Saran
Makalah
ini kalau diperhatikan dalam penulisannya dan penyajiannya memang sangat jauh
dari kesempurnaan, untuk itu penulis sangat mengharapkan sekali sebuah kritikan
atau saran yang sekiranya membangun guna perbaikan makalah selanjutnya. Dan
mudah – mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan bagi penulis pada
khususnya. Amin.
DAFTAR PUSTAKA
Dr.
Wina Sanjaya,M.Pd,Strategi Pembelajaran.Kencana Prenada.
Jakarta.2008.hal 126
Drs.H.Abu Ahmadi dan Drs. Joko Tri Prasetya ,Strategi
Belajar Mengajar : Pustaka
Setia.Bandung.2005
[1] Dr. Wina Sanjaya,M.Pd,Strategi
Pembelajaran.Kencana Prenada. Jakarta.2008.hal 126
[2] Drs.H.Abu Ahmadi dan Drs.
Joko Tri Prasetya ,Strategi Belajar Mengajar : pustaka Setia.Bandung.2005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar