Kamis, 01 Maret 2012

MPDP SKI


KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrohim
            Dengan mengucapkan Alhamdulillah, segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan segala nikmat serta hidayah – NYA kepada penulis, sehingga penulis dapat menyeleseikan tugas Akhir mata kuliah “ MPDP SKI“.
            Penulis menyadari bawasannya penulis tidak dapat menyelesaikan tugas akhir ini tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada ;
  1. Umi Hanifah,M. Pd.I selaku dosen pembimbing kami, yang selalu memberi saran dan masukan kepada penulis.
  2. Teman – teman Fakultas Tarbiyah jurusan PAI S – 1 yang selalu memberikan masukan – masukan dan dorongan semangat kepada penulis.
            Akhirnya penulis menyadari bawasannya tugas ini sangat jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu segala kritikan dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan sangat penulis harapkan. Mudah – mudahan tugas akhir ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca umumnya, dan berguna bagi penulis.


Ponorogo, Januari 2011

Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL           
KATA PENGANTAR         ……………………………………………..……….i
DAFTAR ISI             ...…………………………………………………….…….ii
BAB I PENDAHULUAN   
A.    Latar Belakang                     …………………………………………iii
B.     Rumusan Masalah                …………………………….…...............iii
C.     Tujuan Penulisan                  ……………………………………….…iv

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian strategi pembelajaran               .........................................1
B. macam-macam strategi pembelajaran SKI   .......................................1
1.      Reading Guide(Panduan Membaca)....................................1
2.      Everyone is a Teacher Here           ................................... 1
3.      Group Resume                              ...................................2
4.      Reading Aloud                              ...................................2



BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan            ..................................................................................4
B. Kritik dan Saran     ..................................................................................4

DAFTAR PUSTAKA          ..................................................................................5



BAB I
Pendahuluan

A. Latar Belakang
Dalam melaksanakan tugasnya secara profesional,guru memerlukan wawasan yang mantap untuk kegiatan belajar mengajar,seorang guru harus mengetahui dan memiliki gambaran yang menyeluruh mengenai bagaimana proses belajar mengajar itu terjadi serta langkah-langkah apa yang perlu sehingga tugas- tugas keguruannya bisa dilakukan dengan baik dan memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Salah satu wawasan yang harus dimiliki oleh  guru adalah strategi belajar mengajar yaitu garis besar haluan bertindak dalam rangka mencapai sasaran yag telah digariskan.dengan kata lain guru bisa juga diartikan sebagai pola-pola umumkegiatan guru-murid di dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Dalam mengetahui strategi tersebut,diharapkan sedikit banyaknya  akan membantu pemahaman guru dalam melaksanaka tugasnya.dan suatu kegiatan belajar mengajar tanpa ada strategi pembelajaran,berarti kegiatan tersebut tanpa pedoman dan arah yang jelas.yan pada gilirannya bisa mengakibatkan tidak tercapainya tujuan yang hendak diperoleh.
B. Rumusan Masalah
            Dari uraian latar belakang di atas maka penulis dapat merumuskan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini ;
1. Apakah yang dimaksud dengan strategi pendidikan ?
2. Apa saja macam dari setrategi pendidikan dalam pendidikan SKI?

E. Tujuan
            Penulis menulis makalah ini tentu mempunyai tujuan yang mendasar, dan tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut ;
1. Untuk mengetahui maksud dari strategi pembeljaran
2. metode pembeljaran dalam pelajaran SKI


 
Bab II

PEMBAHASAN


A. Pengertian Strategi Pembelajaran

            Dalam dunia pendidikan strategi diartikan plan,method or series of activities designedto achives a particuler educational goal ( J.R David, 1976) jadi dengan demikian strategi pembelajaran  adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

            Ada 2 hal yang perlu kita cermati dari pengertian diatas yaitu:
  1.  Strategi pembelajaran merupakan recana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya /kekuatan dalam pengajaran.
  2. Strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu.  

Kemp (1995) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu pengajaran yang harus dikerjakan agar tujuan pengajaran  dapat dicapai secara efektif dan efisien.[1]

B.Macam-macam Strategi Pembelajaran SKI [2]
           
            Dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam juga perlu sekali mengunakan  strategi pembelajaran supaya memudahkan proses belajar mengajar di dalam sekolah

1.      Reading Guide(Panduan Membaca)
Langkah-langkah dari strategi ini sebagai berikut:
·         Siswa Membaca teks bacaan dengan panduan kisi-kisi pertanyaan dari Guru
·         Secara bergiliran siswa menjawab poin/kisi pertanyaan
·         Siswa mendengarkan klarfikasi dari guru

Contoh Penerapan:
Kompetensi Dasar: Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah. Maka langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Langkah awal siswa di suruh membaca materi yang ada.
  • Kemudian guru membagikan kisi-kisi yang telah di siapkan sebelumnya pada masing individu untuk di jawab sesuai dengan isi bacaan dengan batas waktu tertentu.
  • Langkah selanjutnya guru membahas masing-nasing pertanyaan.dengan menanyai ssetiap siswa yang di lakukan dengan keliling kelas.
  • Di akhir season pelajaran guru memberikan ulasan secukupnya terkait dengan mareri yang telah di bahas.

2.      Everyone is a Teacher Here
Langkah-langkah dari strategi ini adalah sebagai berikut:
  • Masing-masing siswa menulis pertanyaan tentang materi…..
  • Pertanyaa2 tersebut kemudian ditukar dengan yang lain secara acak
  • Masing-masing siswa mencoba menjawab pertanyaan yang dipegang,
  • Siswa mendengarkan  klarifikasi  dari guru

Contoh Penerapan:
Kompetensi Dasar: Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah. Maka langkah langkahnya sebagai berikut:
  • Langkah pertama.guru menyuruh siswa u ntuk mempelajari materi yang telah di tentukan.Setelah itu guru membagikan potongan kertas pada tiap siswa.
  • Setiap siswa di himbau untuk menuliskan perntnyaan yang di anggap sulit di kertas tersebut.
  • Langkah berikutnya pertanyaan di acak dengan kunci setap setiap siwa tidak membawa kertyasnya sendiri.Selanjutnya setiap siswa di minta untuk menjawab pertanyaan yang sudah di pegang  dengan durasi waktu yang di tentukan.
  • Langkah terakhir guru mengklarifikasi dari jawaban yang ada.kemuudian guru memberikan penjelasan inti dari pada sejarah berdiriya Daulah Abbasiyah.
3.      Group Resume
Langkah-langkah dari strategi ini adalah sebagai berikut:
  • Siswa secara berkelompok untuk meresume materi yang diberikan guru
  • Kemudian masing-masing kelompok menunjuk wakil untuk mempresentasikan hasil resume
  • Siswa mendengarkan  klarifikasi  dari guru

Contoh Penerapan:
Kompetensi Dasar: Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
  • Langkah awal,pada pertemuan pertama guru menentukan materi pelajaran yang akan di tempuh.Kemudian guru membagi dalam bbeberapa kelompok kecil yang terdiri atas 3-6 anak.Misalnya dalam dalan satu KD ada 5 subab.Maka akan ada 5kelompok bila ada 30 siswa.Setiap individu di minta untuk meresum sesuai dengan su masing-masing.Kemudian tiap kelompok menarik kesimpulan dari resume anggotanya.
  • Langkah kedua tiap kelompok menyiapkan wakil untuk mempresentasikan hasil resume.Misalnya kelompok pertama medpat sub tentang Sebab-sebab Runtuhnya Dinasti Abbasiyah.Hasil resume dari tiap anggota di padukan dengan tujuan mendapat hasil kesimpulan yang lebih tepat.
  • Langkah ketiga,guru meminta setiap kelompok dengan perwakilannya untuk mempresentasikan hasil resume nya.Sedang kelompok lain beserta angggotanya memberikan tamnggapan ataupun sanggahan terhadap resume tersebut.Begitu sampai pada kelompok terakhir.
  • Guru meminta setiap individu untuk menuliskan hasil kesimpulan dari tiap sub dalam buku catatan.
  • Langkah terakhir guru memberikan penguatan terhadap materi yang telah di bahas.

4.      Reading Aloud
Stategi ini dapat membantu siswa dalam berkonsentrasi mengajukan pertanyaan dan menggugah diskusi.
Langkah-langkah strategi ini adalah:
  • Secara bergiliran, siswa membaca teks materi  secara keras
  • Setiap membaca teks yang mengandung poin penting (mind of idea), bacaan dihentikan didiskusikan
  • Siswa mendengarkan  klarifikasi  dari guru

Contoh penerapan:
Kompetensi dasar: Menceritakan sejarah berdirinya Daulah ABBASIYAH
  • Pertama,bila materi sudah ada dalam buku maka guru menentukan materi pada halaman tertentu.Berikan kopian teks bila point tidak ada dalam buku.dan usahakan materi tidak terlalu panjang.
  • Meminta pada beberapa siswa untuk membaca teks yang berbeda beda.Ketika bacaan sedangberlangsung,berhentilah opada beberapa tempat untuk menekankan arti poin-ppoin tertenu,untuk bertanya atau memberi contoh.Misa lnya dalam sub sebab-sebab Berdirinya runtuhnya bAbbasiyah terdapat kata-kata yang masih asing atau istilah bahasa yang kurang di mengrti trekait dengan sebab runtuhnya DAULAH ABBASIYAH.Dari ini maka ada hal yang menarik untuk di diskusikan dalam waktu tertentu.
  • Akhiri proses dengan proses pertanyaan kepada siswa apa yang ada dalam teks.Guru bisa menunjuk murid langsung atau dengan alternatif lain.





















Bab III

PENUTUP


 A.Kesimpulan

       1.Stegi pembelajaran  merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan)                   termasuk metode  dan pemanfaatan berbagai  sumber daya/ kekuatan dalam pengajaran.
     
      2.strategi disusun untuk mencapai tujuan pendidikan.



B. Kritik Dan Saran
            Makalah ini kalau diperhatikan dalam penulisannya dan penyajiannya memang sangat jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis sangat mengharapkan sekali sebuah kritikan atau saran yang sekiranya membangun guna perbaikan makalah selanjutnya. Dan mudah – mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan bagi penulis pada khususnya. Amin.



























DAFTAR PUSTAKA


Dr. Wina Sanjaya,M.Pd,Strategi Pembelajaran.Kencana Prenada. Jakarta.2008.hal 126

Drs.H.Abu Ahmadi dan Drs. Joko Tri Prasetya ,Strategi Belajar Mengajar : Pustaka  Setia.Bandung.2005


[1] Dr. Wina Sanjaya,M.Pd,Strategi Pembelajaran.Kencana Prenada. Jakarta.2008.hal 126
[2] Drs.H.Abu Ahmadi dan Drs. Joko Tri Prasetya ,Strategi Belajar Mengajar : pustaka  Setia.Bandung.2005


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar